ekspor internasional

Pengertian Perdagangan Internasional Tujuan, Manfaat dan Hambatannya

Banyak orang sudah memahami akan pengertian perdagangan internasional. Ekspor dan impor sudah terjadi sejak beberapa dasawarsa lalu. Namun, yang mungkin tidak dipahami oleh banyak orang adalah manfaat ekspor dan impor sekaligus hambatannya. 

Pada dasarnya, tujuan perdagangan internasional sangatlah banyak. Bahkan, manfaatnya pun sangatlah besar. Tetapi, tentu ada beberapa hambatan yang muncul.  Saat ini, internet serta kecanggihan teknologi transportasi telah mempermudah pemilik bisnis dari berbagai skala untuk meraup profit dari dari perdagangan internasional. 

Mereka yang berani go international dapat memberikan akses bisnis mereka menjadi peluang bisnis global dengan penghasilan besar.  Jika saat ini Anda ingin mengembangkan bisnis, sudahkah Anda mempertimbangkan keuntungan dari perdagangan internasional? Memang, banyak orang berpikir lebih aman untuk fokus pada perdagangan lokal. 

Padahal, keluar dari zona nyaman dapat membuat pebisnis untuk berdagang secara internasional dimana bisnis mereka justru lebih kuat. Bahkan, mereka dapat lebih sukses dengan keuntungan lebih besar. Tentu, banyak hal yang dapat menunjang kesuksesan seseorang untuk semakin mengembangkan bisnis mereka. 

Ketahui dulu Pengertian Perdagangan Internasional dan Rasakan Manfaatkan

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan ekspansi ke pasar luar negeri, maka Anda perlu mempertimbangkan banyak keuntungan potensial dari perdagangan internasional ini. Pertama, Anda akan memiliki peningkatan pendapatan.  Hal ini karena mereka mendapatkan klien potensial lebih banyak di luar negeri. 

Potensi pelanggan di luar negeri sangat besar untuk produk yang unik dan diminati pasar luar negeri. Eksportir harus mengetahui produk yang paling diminati di negara-negara berbeda.  Dengan demikian, tentu bisnis dapat bertumbuh dan pendapatan akan meningkat.

Survey yang sempat dilakukan FedEx Trade Index 2016 terhadap lebih dari seribu pelaku bisnis. menyatakan bahwa pelaku usaha yang berani terjun dalam perdagangan global justru mengalami perkembangan bisnis lebih cepat. Bahkan, mereka mempekerjakan lebih banyak karyawan dibandingkan pelaku bisnis yang memilih untuk bertahan di pangsa lokal. 

Berkurangnya Kompetisi 

Di Indonesia, produk serupa yang perang harga membuat pedagang mendapat keuntungan sangat tipis atau bahkan kerugian. Pasalnya, kompetisi terlalu ketat.  Kompetitor saling perang harga dengan menawarkan harga termurah. Alih-alih mendapat untung, bisnis justru jalan di tempat atau bahkan bangkrut. 

Berbeda dengan perdagangan internasional, dimana pengusaha dapat memperkenalkan produk unik mereka di luar negeri.  Misalnya kerajinan kain perca yang mungkin tidak terlalu diminati di tanah air. Namun, produk handmade justru mendapatkan apresiasi tinggi di negara-negara maju.  Selain itu, bertahan di pasar lokal tentu berisiko apabila ada gejolak di tanah air.  Ketergantungan pada satu pasar, yaitu pasar lokal akan membuat pengusaha mengalami potensi risiko lebih besar.  Tidak adanya diversifikasi pasar justru akan mengurangi keuntungan. 

Manajemen Cash Flow Lebih Mudah 

Tidak banyak yang tahu bahwa salah satu keuntungan perdagangan internasional adalah pembayaran di awal.  Mereka yang pernah berkecimpung di dunia ekspor impor tentu sudah paham bahwa mereka dapat pembayaran di muka.  Berbeda dengan di Indonesia, dimana banyak orang harus putar otak dalam mengelola cash flow sembari menunggu untuk dibayar. 

Penjual dapat memanfaatkan letter of credit yang menjamin pembayaran dari pembeli. Selain itu, pembeli juga mendapatkan barang secara cepat serta sesuai pesanan tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Kemudahan dari letter of credit menjadi manfaat besar bagi para pelaku perdagangan internasional. 

Eksportir Untung dari Pertukaran Mata Uang

Para eksportir yang telah memiliki portofolio bagus akan mendapat manfaat dari fluktuasi mata uang. Bisnis di satu negara yang memiliki mata uang yang sedang kuat dibandingkan mata uang lain akan sangat menguntungkan.  Saat salah satu mata uang utama turun,  maka eksportir dapat mengekspor lebih banyak  karena pelanggan asing mendapat manfaat dari nilai tukar mata uang yang menguntungkan.

Keuntungan lainnya adalah pembiayaan ekspor atau letter of credit. Di Indonesia, hampir semua bank menawarkan LC. LC dapat memperlancar transaksi dan memberi kesempatan eksportir dan importir untuk mengelola pengeluaran dan pemasukan.   

Selain keuntungan tersebut diatas, eksportir  juga dapat menikmati pendapatan dari beberapa barang yang mungkin tidak terlalu difavoritkan di tanah air. Namun, produk yang tidak favorit tersebut justru sangat diminati di luar negeri. Eksportir pun pasti mendapat untung. 

Peningkatan Reputasi 

Eksportir pasti memiliki peningkatan reputasi. Siapa yang ragu membeli barang dari perusahaan yang sudah lama berkecimpung di pasar ekspor?  Keberhasilan eksportir dalam meraih kepercayaan di satu negara akan mempengaruhi keberhasilan mereka saat mengekspor barang di negara lain.  Tentunya, reputasi meningkat dan keuntungan pun berlipat. 

Jangan lupa, kredibilitas perusahaan pasti terdongkrak dengan aktivitas ekspor.  Keuntungan perusahaan adalah pendapatan meningkat serta popularitas yang semakin tinggi. Terlebih di era internet dimana review positif dapat dengan mudah dibaca oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Menjadi Kreatif 

Perdagangan internasional memberi kesempatan pada eksportir dalam membuka jalan untuk mencoba produk baru.   Kesempatan ini tentu harus dimanfaatkan. Eksportir dapat melakukan spesialisasi dalam bidang berbeda dalam melayani pasar. 

Inovasi pasti muncul saat seseorang hendak mencoba pangsa pasar luar negeri. Eksportir akan mencari tahu minat calon pembeli dari negara lain. Selain itu, mereka pun dapat menambah wawasan akan latar belakang sebuah negara, lengkap dengan kultur dan budaya yang harus sesuai dengan produk yang akan ditawarkan. 

Adakah Hambatannya? 

Tentu, ada hambatan yang muncul saat eksportir dan importir melakukan perdagangan internasional. Pastinya ada tambahan biaya yang muncul seperti bea cukai, pajak barang yang melewati perbatasan dan banyak lagi. Selain itu, eksportir juga harus memahami kuota yang pas saat mengirimkan barang dagangan mereka. 

Hambatan lain adalah pembatasan ekspor meskipun hali ini merupakan perjanjian yang sudah disepakati antara eksportir dan importir. Tentu pembatasan ini diberlakukan untuk beberapa barang.  Selain itu, ada pula pembatasan valuta asing yang dilakukan masing-masing bank sentral setiap negara. 

Lalu, Apakah Perdagangan Internasional Menguntungkan? 

Perdagangan internasional kini sudah tak terbendung. Bahkan, banyak eksportir dan importir merasakan manfaatnya, terlepas dari hambatan yang ada.  Kerjasama di berbagai bidang juga dilakukan eksportir dan importir dalam jangka panjang. Saat ini, kerjasama di berbagai bidang sudah menjadi hal yang biasa, bahkan menjadi suatu keharusan. 

Perdagangan internasional akan lebih menguntungkan eksportir apabila mereka memanfaatkan jasa pengiriman yang terpercaya seperti Small Paket. Small Paket menjanjikan pengiriman barang yang cepat dan mudah. Tentunya, kecepatan pengiriman serta proses pengiriman yang mudah dapat lebih mempercepat keuntungan eksportir. 

Jadi, siapapun yang ragu dengan melakukan perdagangan internasional harus segera mengubah pola pikir. Ekspor akan sangat menguntungkan jika eksportir mengandalkan ekspedisi terpercaya seperti Small Paket.  Kunjungi https://smallpaket.com/ untuk mengetahui fitur dan fasilitas yang menunjang para eksportir untuk mengembangkan proses perdagangan ekspor mereka. Anda pun dapat mengikuti jejak sukses mereka untuk menjadi eksportir handal.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *