Berikut Daftar Komoditas Ekspor Impor Ausralia Lengkap

Ada banyak komoditas ekspor impor Australia. Hal in tak lepas dari kecerdasan masyarakatnya dalam proses pemanfaatannya. Setiap peluang dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Dengan hal tersebut membuat besaran pendapatan per kapita Australia bisa lebih tinggi dari negera berperekonomian baik lainnya seperti Inggris dan Amerika. Imbasnya membuat wilayah huni di kawasan Perth dan Sydney memiliki kelayakan yang tinggi. 

Lantas, apa saja komoditas ekspor impor Australia yang mampu membuat Australia menjadi negara dengan perekonomian yang tinggi? 

Baca Juga : Komoditas Ekspor impor amerika

Komoditas ekspor impor Australia

kendaraan pengangkut komoditas di jalanan

 

Berbicara terkait kegiatan perdagangan luar negeri pastinya tak lepas dari kegiatan ekspor dan impor. Seperti negara lainnya, komoditas ekspor impor Australia juga cukup banyak dan datang dari banyak sektor. 

Baca Juga : komoditas ekspor impor thailand

Lebih lengkapnya terkait komoditas ekspor impor Australia, akan disimak dibawah ini:

  • Sektor pertambangan

    Sektor satu ini memang disebut sebagai sektor yang sangat menjanjikan karena nilainya yang sangat tinggi. Australia adalah salah satu negara dengan sektor pertambangan yang sangat berpotensi.
    Contoh hasil pertambangan yang menjadi komoditas ekspor utama adalah batu bara, emas, gas alam, aluminum dan bijih besi.
    Batu bara asal Australia mendapat minat yang tinggi di pasaran. Jenis batu bara ini berbeda dari Indonesia. Batu bara asal Australia berjenis bitumen yakni batu bara bewarna hitam pekat dengan bau asap yang sangat khas ketika dibakar.
    Sektor pertambangan masih menyisakan banyak kekayaan lain seperti emas dan aluminum oksida yang masing-masing mampu menyumbang pendapatan hingga 8 juta USD.
    Selain itu jangan lupa jika biji besi dan bijih tembaga juga merupakan komoditas ekspor Australia yang memiliki nilai ekspor cukup tinggi.

  • Minyak bumi dan gas alam yang melimpah

    Perlu diketahui jika gas alam dan minyak bumi Australia juga perlu diperhitungkan. Negeri ini memiliki kekayaan gas alam serta minyak bumi yang tidak main-main.
    Keberhasilan ekspor minyak bumi dan gas alam ini membuktikan bahwa sektor pertambangan Australia sangatlah maju.
    Australia banyak terdapat mineral bituminous yang merupakan penghasil minyak bumi. Selain itu perlu diketahui jika yang diekspor Australia ini bukan minyak bumi yang telah diolah melainkan minyak mentah. 

  • Sektor peternakan

    Dari sektor peternakan, daging menjadi salah satu jenis yang sering diekspor. Namun daging disini lebih difokuskan pada daging sapi tanpa tulang dan dalam kondisi beku. 

  • Gandum dan wol

    Komoditas ekspor impor Australia juga tak lepas dari gandum dan wol. Keduanya menjadi komoditas yang bernilai tinggi dan mampu menyumbang banyak keuntungan untuk Australia.
    Jenis wol yang diekspor Australia yakni yang wol cukur berminyak. Meski nampak ringan namun ekspor wol ini mampu menyumbang keuntungan yang besar. 

  • Australia melakukan impor minyak dan emas

    Meskipun sektor pertambangannya kaya akan emas dan minyak bumi, namun bukan berarti Australia tidak melakukan impor terhadap dua bahan tersebut.
    Seperti yang diulas diatas jika Australia memiliki bahan mentah yang belum diolah. Dan pengolahan di negeri tersebut belum sebaik di tempat lain, oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Australia melakukan impor untuk komoditas minyak bumi dan emas. 

  • Kendaraan bermotor dan obat-obatan menjadi komoditas yang diimpor 

    Komoditas impor lainnya yang memiliki nilai tinggi adalah obat-obatan dan kendaraan bermotor. Untuk kendaraan, jenis impornya cukup variatif dengan negara asal dari Jepang, Jerman dan Indonesia.
    Sedang untuk obat-obatan biasanya diperlukan untuk obat yang dijual eceran. 

Itulah komoditas ekspor impor Australia. Australia merupakan negara maju yang terhitung cerdas dalam melakukan perdagangan luar negeri sehingga perlu juga dicontoh oleh banyak negara berkembang tak terkecuali Indonesia.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *