komoditas jahe

Daftar Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia

Jahe menjadi salah satu komoditas ekspor dengan nilai yang cukup tinggi di Indonesia. Ada banyak negara tujuan ekspor jahe Indonesia yang dari tahun ke tahun permintaannya selalu naik. Hal ini tentu tak lepas dari kualitas jahe Indonesia yang lebih baik dari para pesaingnya. 

Baca juga : Produk Indonesia yang Mendunia

Jahe dan Manfaatnya

jahe lokal

Permintaan jahe yang tinggi dipasaran baik pasar lokal ataupun pasar internasional tak lepas dari banyaknya manfaat dari rempah beraroma kuat dan berasa pedas ini. Jahe memiliki banyak manfaat tak hanya untuk diolah sebagai makanan atau minuman namun juga bermanfaat khususnya bagi kesehatan. 

Salah satu yang membuat rempah jahe banyak diminati karena rempah ini bisa diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Misalnya saja di Amerika, jahe dicampurkan dengan minuman karbonasi; sedangkan di kawasan Asia seperti Taiwan dan Jepang menjadikan jahe sebagai asinan. 

Mengonsumsi jahe ketika dicampurkan dalam makanan atau minuman akan menimbulkan efek hangat. Aromanya juga sangat khas dan menenangkan. Dari sisi kesehatan, mengonsumsi jahe juga mampu mencegah seseorang terkena gangguan rematik dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Rasa yang kuat dan khas dari jahe juga mampu mengurangi mual. 

Daerah Penghasil Jahe Terbaik di Indonesia 

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil jahe terbesar di dunia. Hal ini tentu saja tak lepas dari peran para petani jahe di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya karena produktivitasnya yang tinggi, namun kualitas jahe Indonesia pun disebut lebih baik daripada pesaing lainnya. 

Secara umum jahe dibudidayakan oleh para petani di Pulau Jawa. Nah, budidaya jahe di kawasan ini nyatanya memiliki kualitas tinggi dibandingkan dengan budidaya di kawasan lainnya. Tak hanya jahe, berbagai rempat kualitas tinggipun dibudidayakan di Pulau Jawa. 

Adapun beberapa kawasan penghasil jahe terbaik di Indonesia antara lain Bogor, Tasikmalaya, Sukabumi, Ngawi, Ponorogo, Magelang, Temanggung, Bandung, Medan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Daftar Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia

Ada banyak negara tujuan ekspor jahe Indonesia, salah satunya adalah Bangladesh. Bulan Juni 2019 lalu misalnya, ekspor jahe ke Bangladesh mencapai 54 ton. Sedangkan baru-baru ini yakni Agustus 2022, ekspor jahe ke Bangladesh naik drastis mencapai angka 500 ton. 

Permintaan tersebut, menurut Kementan dikarenakan kualitas jahe Indonesia yang lebih baik dibandingkan jahe asal Thailand dan Vietnam. Khususnya untuk kandungan pati, serat dan minyak atsiri didalamnya. 

Karena alasan tersebutlah kemudian banyak negara yang lebih memilih jahe asal Indonesia. Selain itu jahe juga memilki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena jahe memiliki banyak manfaat. 

Selain Bangladesh, Dirjen Hortikultura juga menyampaikan ada beberapa negara tujuan ekspor jahe Indonesia antara lain Hongkong, Jepang, Taiwan, Korea, Filipina, Malaysia, Singapora, Tiongkok, India, UEA, Australia, Qatar, Timor Leste, Belanda, Perancis, Amerika Serikat, Belgia, Swiss, Jerman, dan Serbia.

 

Kirim Jahe dan Rempah ke Luar Negeri dengan Mudah dan Aman

Melihat dari ulasan banyaknya negara tujuan ekspor jahe Indonesia diatas, kita bisa simpulkan bahwa jahe memiliki potensi besar untuk diekspor. Jika Kamu saat ini tengah melihat peluang ini dan ingin juga menjadi bagian dari pengekspor jahe, Kamu bisa bekerjasama dengan SmallPaket untuk partner pengiriman ke luar negeri. 

Regulasi dan aturan ekspor impor cukup ribet sehingga lebih baik di handle oleh mereka yang telah profesional. SmallPaket menawarkan berbagai kelebihan dengan pengurusan dokumen yang berkaitan ekspor impor. 

Bekerjasama dengan SmallPaket akan memberimu banyak keuntungan, salah satunya Kamu tak perlu khawatir lagi terkait dokumen atau surat-surat, dan cukup fokus pada produk dan buyer.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *