memilih jasa layanan paket

Simak 11 Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri Online!

Saat ini salah satu strategi pemasaran yang paling efektif mendatangkan cuan adalah lewat online. Strategi ini tak hanya mampu mengenalkan produk atau layanan ke masyarakat sekitar, namun bahkan hingga ke luar negeri. Pemasaran secara online tak memiliki batasan baik itu ruang ataupun waktu sehingga siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah. Namun tentu saja memasarkan barang dengan cara online bukan hal yang mudah, apalagi jika Kamu memiliki target market luar negeri. Harus ada cara-cara khusus yang harus diikuti agar Kamu bisa sukses jualan online ke luar negeri. Bagaimana caranya? Simak cara memasarkan produk ke luar negeri online dibawah ini. 

11 Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Online

Cara memasarkan produk ke luar negeri online

 

Strategi pemasaran online akan membuat produk atau layananmu bisa kian terkenal tak hanya di pasar dalam negeri tapi juga di pasar luar negeri. Namun tentu saja hanya strategi yang benar dan tepat. Cara memasarkan produk ke luar negeri online yang asal-asalan jelas tidak akan berpengaruh terhadap jualanmu. Sebaliknya, alih-alih untung malah bisa berakibat buruk pada kelangsungan bisnis jika Kamu salah atau asal-asalan dalam berjualan.

Baca Juga : Cara Jitu Mencari Buyer Luar Negeri

Intinya jualan online bisa jadi pisau bermata dua jika kita tidak memperhatikan dengan baik strateginya. Lantas bagaimana cara memasarkan produk ke luar negeri online yang tepat? Nah, langsung saja berikut ulasannya:

  1. Website sesuai dengan target pasar
    Cara memasarkan produk ke luar negeri online yang pertama yakni dengan website. Memiliki website berpeluang lebih besar daripada berjualan lewat marketplace jika target marketnya ke luar negeri. Website memiliki kelebihan untuk menjelaskan suatu produk secara gamblang. Selain itu memiliki website juga terkesan lebih terpercaya dari yang hanya berjualan di marketplace.
    Dalam website ini Kamu bisa menuliskan informasi lengkap tak hanya tentang produk, namun juga behind product seperti proses produksi atau info pendukung yang lain.
    Di beberapa negara website dijadikan semacam katalog oleh para eksportir guna menggaet para calon buyer.
    Website yang baik tentu saja yang interaktif. Maksudnya website bisa memudahkan para calon buyer untuk berkomunikasi dengan penjual. Misalnya dengan memberikan fitur komunikasi dengan konsumen seperti fitur chat agar para calon buyer bisa berkomunikasi denganmu baik lewat chat ataupun lewat email.
    Tak hanya itu, website yang interaktif juga dinilai dari isinya yang memiliki pencitraan merek jelas, memiliki ajakan yang kuat, konten yang relevan, garis besar produk jelas, dan jelas untuk cara pembeliannya. Selain itu pastikan jika website milikmu benar-benar user friendly. Ini akan menambah nilai plus tersendiri.
    Tips terakhir untuk pembuatan website yakni sesuaikan dengan target pasar. Ingat, setiap negara memiliki perbedaan dalam tanggapan. Jadi pastikan untuk mempelajarinya terlebih dulu. Misalnya saja jika Kamu menyasar pasar Eropa, maka buatlah desain website ala-ala Eropa yang tidak terlalu ramai serta cenderung klasik dan simpel. Berbeda dengan pasar Amerika yang mana desain website yang disukai cenderung kreatif dan modern. 
  2. Maksimalkan Search Engine
    Search engine menjadi salah satu senjata untuk menemukan segalanya. Beberapa mesin pencari yang paling tinggi peminatnya di dunia antara lain Google, Yahoo!, dan Bing. Jadi jika Kamu ingin produkmu bisa laris manis dengan cara online, maka salah satu cara terbaik yakni dengan memastikan produk mu bisa ditemukan dengan mudah di search engine. Bagaimana caranya?
    Dalam pemasaran Search Engine Friendly, Kamu akan berkenalan dengan Search Engine Optimization atau SEO. Nah, SEO inilah yang menjadi kunci utama dalam pemasaran konten websitemu. Ketika Kamu memaksimalkan SEO, maka websitemu akan lebih mudah ditemukan. Dalam pencarianpun bisa websitemu bisa halaman pertama.
    Salah satu tips optimasi SEO yakni dengan membuat konten yang anti duplikasi. Duplikat konten sangat tidak disukai oleh Google sehingga justru bisa membuat websitemu terhempas jauh kehalaman terakhir jika Kamu nekat melakukan hal ini. Dan sebaliknya, jika Kamu membuat konten tanpa duplikasi maka dimungkinkan website milikmu akan berada di halaman pertama peringkat pertama.  
  3. Gunakan kata kunci yang tepat
    Untuk memasarkan produk ke luar negeri Kamu juga harus meriset banyak kata kunci sesuai dengan target market. Kamu bisa mendapatkan kata kunci dengan riset lewat Keyword planner, Google Ads, dan lain sebagainya. Selain itu pahami juga istilah-istilah produk dari negara target agar memudahkan mereka memahami produk milikmu. 
  4. Inbound Marketing
    Teknik ini bisa terbilang paling tepat. Inbound marketing sendiri merupakan metode marketing dengan menggunakan konten interaktif guna membuat bisnis Anda bisa ditemukan dengan mudah. Menggunakan teknik marketing ini merupakan solusi untuk promosi jangka panjang. Tak hanya bermanfaat untuk memasarkan marketing, strategi ini juga mampu membuat pasar baru pada produk yang sama. Alhasil target market yang bisa terserap dengan metode inipun juga kian luas. 
  5. Promosi online
    Sama halnya dengan toko konvensional, memiliki website atau berjualan dengan cara online lainnya tetap harus menunggu. Ya, meskipun calon buyer akan datang dengan sendirinya ketika kita telah berhasil melakukan optimasi, namun tetap saja kita tidak boleh berhenti melakukan promosi.
    Nah, beberapa promosi yang bisa dilakukan antara lain: bergabung dengan e-marketplace dunia seperti Aliexpress, Ebay, Amazon, OLX; bergabung ke berbagai komunitas atau kelompok yang membutuhkan layanan atau produk kita; serta jangan lupa promosi lewat Google Adwods khususnya ketika kita tidak begitu menguasai keyword spesifik. 
  6. Pahami perdagangan ke luar negeri
    Tak hanya ilmu tentang promosi saja yang harus dikuasai namun juga ilmu terkait perdagangan ke luar negeri. Maksudnya, Kamu mungkin bisa promosi dengan baik, dan telah mendapatkan potential buyer, namun bagaimana jika ternyata Kamu tidak bisa mengirimkan barang ke luar negeri karena Kamu yang tidak memahami prosedurnya. Nah, tentu ini akan repot bukan? 
  7. Gunakan iklan digital
    Cara memasarkan produk ke luar negeri online lainnya yakni dengan memaksimalkan iklan lewat beberapa platform seperti Instagram Ads, Facebook Ads dan Google Ads sepertinya bagus untuk dimanfaatkan. Ya, dengan memasang iklan pada beberapa platform media sosial tersebut, kian besar pula peluang untuk mendapatkan potential buyer. 
  8. Maksimalkan media sosial
    Media sosial sekarang disebut lebih populer dari mesin pencari. Bahkan tak jarang juga yang menggunakan media sosial sebagai search engine. Dan sama dengan search engine, media sosial juga memiliki audiens yang berasal dari seluruh dunia. Kamu bisa memaksimalkan konten media sosialmu dengan membagikan berita, testimony, promosi dan lain sebagainya. 
  9. Email marketing
    Metode ini disebut sebagai salah satu yang efektif dan juga efisien untuk menggaet dan membangun loyalitas dari para calon pelanggan. Email marketing disini sifatnya personal atau pribadi dan secara umum banyak perusahaan besar yang menggunakannya. Email marketing bisa berisikan informasi berupa produk, informasi diskon dan lain sebagainya. 
  10. Bekerjasama dengan perusahaan asing
    Salah satu cara memasarkan produk ke luar negeri online yang bermanfaat untuk lebih memperluas pasar yakni dengan membuka partner bisnis dengan perusahaan asing. Anda bisa melakukan pencarian partner bisnis ini lewat situs media sosial seperti Facebook, ataupun direktori bisnis seperti yang ada di Alibaba.com. Atau bisa juga dengan melakukan pencarian lewat search engine seperti Google. 
  11. Bekerjasama dengan jasa pengiriman internasional
    Salah satu hal penting untuk bisa memasarkan produk ke luar negeri yakni dengan memilih jasa kirim. Saat ini banyak jasa pengiriman barang ke luar negeri, namun tentunya Kamu juga harus jeli dalam memilih mana yang terbaik. 
    Smallpaket merupakan salah satu jasa pengiriman logistik internasional terbaik yang siap melayani kebutuhanmu yakni mengirimkan barang atau pesanan hingga ke seluruh dunia dengan aman dan profesional. Lebih lengkap terkait dengan jasa pengiriman ini bisa cek di laman resminya smallpaket.com.

Itulah diatas 11 cara memasarkan produk ke luar negeri online yang bisa Kamu lakukan. Perdagangan ke luar negeri memang cukup memerlukan perhatian, namun jika berhasil tentu saja bisnismu bisa berkembang dengan pesat.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *