jasa layanan paket murah

10 Cara Jitu Mencari Buyer dari Luar Negeri

Cara mencari buyer luar negeri dengan memulai ekspor tentu bukan tugas yang mudah. Anda memahami bagaimana persaingan yang semakin ketat di era digital ini. Bahkan jika Anda sudah memilih untuk membuka bisnis pada bidang yang mungkin tidak banyak dijalankan pebisnis lain. Karena itulah, penting untuk mencari tahu bagaimana mencari pembeli dari luar negeri. 

Apabila Anda ingin memperluas ranah bisnis Anda dengan meningkatkan target pasar serta melakukan ekspor barang ke seluruh dunia maka Anda dapat meraih untuk maksimal. Memasarkan produk dengan skala internasional tentu dapat lebih mengembangkan bisnis.  

Sebenarnya, rahasia utamanya adalah dengan menemukan pembeli yang dapat membeli barang atau jasa secara kontinu. Hal ini supaya ada arus kas yang berkelanjutan.  Pembeli barang atau jasa musiman tidak dapat dijadikan andalan untuk dapat meningkatkan profit. 

10 Cara Mencari Buyer Luar Negeri Secara Cepat dan Tepat

mencari buyer luar negeri

  • Pelajari Cara Mengiklankan Produk atau Jasa Secara Efektif
    Dalam dunia bisnis, periklanan adalah senjata paling ampuh. Iklan efektif dapat membawa bisnis kepada puncak kesuksesan. Sebaliknya, iklan pun dapat menyebabkan bisnis gagal secara cepat. Terlepas dari kenyataan bahwa periklanan memang melibatkan investasi awal, pebisnis memiliki kemungkinan akan mendapatkan return of investment dari iklan dalam kurun waktu kurang lebih 6 hingga 12 bulan.
    Media, baik media elektronik  menawarkan visibilitas dan popularitas pada sebuah bisnis. Sebuah bisnis dapat tampil lebih menonjol dibandingkan kompetitor.  Mengiklankan bisnis secara efisien dapat membuat pemilik usaha tidak dipusingkan dengan cara mencari buyer luar negeri
  • Perluas Koneksi Bisnis
    Koneksi bisnis yang luas menjadi salah satu cara tercepat serta terefisien dalam mengembangkan bisnis. Bahkan,  Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak anggaran untuk layanan pemasaran. Keunggulan koneksi bisnis yang luas adalah bahwa kolega bisnis akan menyebarkan informasi tentang produk dan layanan Anda.  Dengan memperluas koneksi bisnis, maka merek pun dapat tersebar luas di berbagai wilayah, termasuk di luar negeri.
    Salah satu ide terbaik sebagai cara mencari buyer luar negeri melalui metode ini adalah bermitra atau joint venture dengan perusahaan asing yang mengenal pembeli lokal. Melalui cara ini, bisnis Anda akan mendapatkan visibilitas yang sesuai potensi pasar. Meski demikian, tentu Anda harus melakukan riset pasar menyeluruh. Pasalnya, upaya ini merupakan investasi jangka panjang sehingga harus dilakukan secara hati-hati.
  • Mencari Perantara
    Memang, tidak mudah mencari perantara bisnis karena biaya yang tidak sedikit. Perantara bisnis memang terdiri dari pihak yang mengenal pasar dan pembeli. Mereka mengiklankan produk atau layanan Anda sekaligus bertindak sebagai perantara antara pemasok dan pembeli.  Keunggulan mencari perantara bisnis adalah mereka tidak hanya dapat menghubungi pembeli potensial, tetapi juga melakukan semua hal termasuk penanganan kontrak dan dokumen.

Baca Juga : Cara Bekerja Sama dengan Perusahaan Jasa Pengiriman Door to Door Ekspor

  • Akif Dalam Pameran Dagang
    Terlepas dari media promosi online, pameran dagang masih menjadi salah satu cara mencari buyer luar negeri secara efektif. Cara ini hampir pasti dapat menarik perhatian pembeli potensial. Pasalnya, pameran ini menawarkan kesempatan kepada eksportir untuk menampilkan produk dan layanan kepada pasar potensial.
    Namun memang pameran dagang ini membutuhkan anggaran tertentu. Biasanya pameran ini memiliki spesifikasi jenis produk yang ditampilkan. Pameran dagang untuk ekspor adalah pameran elektronik, otomotif, produk kerajinan dan semacamnya.  Jika Anda berminat untuk berpartisipasi, tentu mereka perlu strategi pemasaran yang jelas untuk target pasar Anda secara spesifik.
  • Negara dengan Peminat Terbesar
    Tentunya, Anda juga harus melakukan penelitian tentang minat pembeli dari beberapa negara akan produk atau jasa yang Anda jual.  Apabila produk Anda adalah kerajinan tangan, maka pangsa pasar terbaik adalah pembeli di negara-negara kawasan Eropa Barat atau Amerika Serikat.
    Memang tidaklah cukup membidik negara dengan peminat tertinggi untuk produk Anda. Anda masih harus memastikan bahwa ada permintaan konsisten dari negara tersebut. Anda juga harus memastikan bahwa nantinya pasar berkembang. 
    Faktor pertama yang dapat menjadi pertimbangan adalah apakah permintaan di negara-negara tersebut stabil atau hanya musiman.  Anda pun harus mempelajari apakah    Apakah permintaan konsisten yang ada menawarkan perkembangan dalam beberapa tahun terakhir?
    Bisa jadi, Anda mempertimbangkan negara dengan pasar yang relatif lebih kecil tetapi dengan potensi pertumbuhan yang lebih besar di masa depan.  Hal ini penting untuk menjadi rencana jangka panjang. 
  • Pilih Potensi Pasar yang Menguntungkan
    Tantangan utama bagi eksportir adalah memutuskan harga yang tepat untuk produk mereka. Harga harus masuk akal supaya buyer dari luar negeri tertarik.  Perlu diingat bahwa harga harus kompetitif, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.
    Harga mahal dapat menjadi kompetitif apabila disertai dengan kualitas produk tinggi, pengiriman yang cepat, serta kemasan unik yang membedakan dengan kompetitor.  Banyak faktor yang mempengaruhi profitabilitas produk ekspor seperti  metode pembayaran mudah untuk pembeli asing untuk produk Anda.
    Anda juga harus mempertimbangkan biaya tambahan yang dapat meningkatkan harga produk ekspor Anda.  Biaya tersebut termasuk ongkos angkut, kliring, bongkar muat, pengemasan, penandaan dan pelabelan, asuransi, garansi, dan pemasaran.  Untuk mengatasi hal ini, disarankan Anda memilih penyedia jasa pengiriman ekspor terpercaya. \

Baca Juga : 10 Komoditas Ekspor Indonesia dan Negara Tujuannya(

  • Buat Website dengan Kemudahan bagi Pelanggan di Seluruh Dunia
    Anda memang perlu memilih website bisnis untuk memperkenalkan produk ke luar negeri. Namun, perlu dipastikan website tersebut dapat diterjemahkan dalam bahasa sesuai negara yang menjadi target pasar Anda.  Untuk menunjang hal ini, pilih platform media sosial yang tepat.
    Pelajari juga pembatasan atau larangan pada platform tertentu. Ada beberapa negara yang melarang penggunaan media sosial tertentu.  Ketahui media sosial yang paling banyak diakses pembeli yang menjadi target pasar sehingga Anda dapat fokus melakukan promosi di media sosial yang tepat.
  • Promosi Secara Tepat dan Tidak Provokatif
    Tidak banyak pelaku bisnis yang memahami bahwa negara lain punya kultur tersendiri. Jangan sampai materi promosi menyinggung adat dan budaya di negara target.  Perlu juga dipahami tentang persyaratan hukum serta peraturan dalam negara yang menjadi target pasar.
  • Komunikasi Secara Intens dan Jelas
    Tidak dapat dipungkiri bahwa cara mencari buyer luar negeri yang efektif adalah komunikasi intens. Banyak pemilik bisnis yang hanya berpromosi tetapi tidak menanggapi pertanyaan pelanggan. Respons cepat dan intens sangat penting. 
  • Training Tepat untuk Staf Marketing
    Tentunya, Anda masih harus memilih staf marketing. Mereka perlu mendapatkan pembekalan secara tepat dalam berpromosi. Staf marketing menjadi tulang punggung perusahaan yang ingin mencari cara mencari buyer luar negeri secara efektif dan efisien.

Ekspor Cepat dan Mudah di Small Paket 

small paket dua

Diatas adalah cara mencari buyer luar negeri. Nah, jika Anda ingin membutuhkan jasa pengiriman untuk melayani para buyer dari luar negeri, gunakan saja Small Paket. Kamu bisa mengirimkan barang atau logistik apapun meskipun ukuran kecil sekalipun menggunakan jasa pengiriman ini. Harga juga sangat kompetitid dengan layanan dan pengiriman yang aman dan profesional. 

Jadi, percepat ekspansi bisnis Anda dengan memilih Small Paket. Cukup kunjungi https://smallpaket.com/ untuk mengirimkan barang kepada para pelanggan Anda ke seluruh dunia. Dengan harga kompetitif serta kemudahan dalam melakukan pengiriman, Anda pun dapat fokus mengembangkan bisnis, tanpa dipusingkan dengan prosedur pengiriman ekspor.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *